February 25, 2013

Lomba Penulisan Memoar Guru

Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan nasional 2013  Klub Guru Menulis Ikatan Guru Indonesia (IGI) kembali akan mengadakan audisi untuk penulisan Memoar Guru (insyaallah untuk edisi ketiga) dengan tema "Kesempatan Studi/Seminar/Workshop di Luar negeri".

Tema ini diangkat karena terinspirasi dari banyaknya rekan guru yang berhasil berangkat study ke luar negeri, tampil dalam seminar/workshop ke luar negeri. Tentu saja kesempatan itu merupakan prestasi dan berkah luar biasa. Pasti juga banyak rekan guru yang ingin menimba ilmu padanya. Tidak hanya menimba pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh di sana, tetapi juga informasi "bagaimana mendapatkan kesempatan luar biasa itu".

Dengan berbagi tulisan itu, Bapak/Ibu Guru akan dapat saling berbagi, layaknya slogan IGI, "Sharing and Growing Together".

Syarat dan Ketentuan:
1. Peserta adalah guru (PAUD, TK, SD, SMP, atau SMA dan yang sederajat) .
2. Cerita bebas asalkan sesuai dengan tema lomba.
3. Cerita harus berdasar kisah nyata (pengalaman Anda). Bila memungkinkan, disertai foto kegiatan, cukup satu. (Kali ini, boleh juga dituliskan oleh orang lain, dengan menyertakan identitas lengkap nama guru yang diceritakan tersebut disertai dengan bukti fotonya).
4. Cerita dikemas dalam bentuk kisah inspiratif yang enak dibaca dan menyentuh pembaca. Sebagai panduan, Bapak/Ibu Guru bisa mengacu pada model tulisan "Chicken Soup".
5. Panjang tulisan 5–10 hlm, diketik dengan Times New Roman 12, spasi 1,5. Di bagian akhir disertakan biodata singkat peserta dalam bentuk narasi, maksimal 10 kalimat; dilengkapi dengan pasfoto
6. Peserta boleh mengirim lebih dari satu cerita.
7. Cerita dikirim dalam bentuk attachment ke: istiqomahalmaky@yahoo.co.id cc subjek GURU GO INTERNASIONAL dan dilengkapi riwayat singkat penulis + pas foto, paling lambat 25 April 2013.
8. Cerita-cerita yang terpilih menjadi hak penyelenggara dan akan diterbitkan secara mayor. Kepada para pemenang yang naskahnya terpilih akan diberi 2 eksemplar bukti terbit dan diberi diskon khusus dengan syarat dan ketentuan berlaku.
11. Penyelenggara memiliki hak penuh untuk bekerja sama dengan pihak mana pun selama tidak bertentangan dengan visi utama lomba ini, yaitu berbagi pengalaman mengajar sesuai dengan tema lomba.
12. Pengumuman cerita terpilih 2 Mei 2013.

No comments:

Post a Comment

Silahan memberikan komentar